sebuah inisiasi buku kumpulan cerita pendek yang memotivasi setiap orang untuk dibina dan membina, bertahan bersama komunitas kebaikan, dan saling fastabiqul khairat di dalamnya! untuk jannah dan keridhaanNya di atas segalanya... dari sinilah kita bangun sebuah peradaban (^o^)/

Jumat, 11 Februari 2011

[Seleksi] Kriteria Terpilih

Sebenarnya sangat banyak cerpen menarik yang masuk. Akan tetapi, bagaimanapun kami tak mungkin menerbitkan semua cerpen tersebut. Maka, kami melakukan seleksi dengan beberapa kriteria. Berikut ini kriteria yang kami publish di sini agar partisipan (penulis) dapat mengetahui mengapa karyanya terpilih / tidak terpilih.

1. sesuai konteks tema: MENTORING
Ada beberapa cerpen yang sebenarnya sangat bagus dari segi alur, EYD, dan pilihan diksi, bahkan dilengkapi footnote. Akan tetapi, cerpen-cerpen ini fokusnya bukan mentoring. Kami bagi cerpen di luar konteks mentoring (atau tarbiyah) ini bertema da'wah, cinta, dan proses pra nikah. Kami melihat kesungguhan penulis membuatnya, tetapi karena tidak sesuai dengan tujuan event ini, dengan berat hati kami menggugurkannya.

2. bentuknya CERPEN
Apa sih makna cerpen? Cerpen itu narasi, tapi ia fokus kepada satu masalah (berbeda dengan novel yang punya banyak masalah). Cerpen itu bukan sekedar paparan (eksposisi), melainkan memiliki plot /alur, tokoh, dan latar. Cerpen bukan puisi dan juga bukan hanya berisi dialog seperti teks drama.

3. EMOSIONAL (menggerakkan)
Bentuk emosi itu beragam, tapi intinya terbagi dua: ada yang menyemangati dan ada pula yang sifatnya refleksi atau renungan. Tentu saja masih dalam konteks emosi yang sama: karena MENTORING. Tim juri menempatkan diri sebagai pembaca umumnya. Jika kami menjadi terinspirasi mengarungi samudra cinta di jalan mentoring, maka poin ini terpenuhi bagi cerpen yang kami baca.

4. UNIK (lain dari yang lain)
Kami juga mengdepankan keunikan cerita agar pada kumpulan cerpen yang dibukukan nanti tidak membuat pembaca merasa cerpen-cerpen di dalamnya "sama". Ada beberapa cerpen yang memiliki kemiripan ide meskipun secara diksi dan pengembangan cerita jauh berbeda. Maka, kami memilih satu di antara cerpen-cerpen yang mirip yang memiliki keunggulan yang telah dijelaskan di 3 kriteria sebelumnya.

Itulah 4 kriteria yang terpenting saat seleksi dilakukan. Selamat kepada 29 penulis sebab telah meluluskan cerpennya di 4 kriteria di atas!

Kami tak pernah membatasi secara tekstual harus berapa lembar, dengan huruf apa, ukuran berapa, margin, dll. Kami memberikan keluangan selapang-lapangnya kepada penulis tentang itu. Bahkan terkait EYD pun masih banyak yang kami tolerir. Kami mohon izin kepada penulis yang cerpennya terpilih untuk melakukan editing tekstual sebelum diterbitkan.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, jujur membaca sekilas saya merasa takjub dengan postingan Anda, mengapa bisa begitu menarik dan baik? Sekaligus saya ingn menjalin tali persahabatan dengan Anda, tolong follow blog milik saya ya? Saya tunggu. Selanjutnya saya berharap bisa belajar banyak dari Anda.

    Assalamualaikum, skimming honest I was amazed by your post, why be so interesting and good? Burst my rope ingn establish friendship with you, please follow my own blog yes? I wait. Further, I wish I could learn a lot from you. www.siteislami.co.cc

    BalasHapus